Penyakit Jantung Koroner, Penyebab dan Pencegahanya

Penyakit jantung koroner

Penyakit Jantung Koroner , Penyebab dan Pencegahanya – Jantung kita adalah salah satu organ yang terpenting dalam tubuh manusia. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Darah tersebut membawa oksigen dan sari makanan untuk kebutuhan seluruh sel – sel yang ada di dalam tubuh kita. Bayangkan apabila kerja jantung tidak normal.

Penyakit jantung koroner

Tahukah anda, makanan yang kita makan, pola hidup yang kita lakukan sehari – hari dapat mempengaruhi kesehtan jantung. Penyakit gangguan jantung biasanya dikenal dengan istilah penyakit jantung koroner. Jantung koroner terjadi ketika aliran darah yang menuju ke jantung terhambat oleh timbunan lemak dalam tubuh.

Penyebab Jantung Koroner

Salah satu penyebab jantung koroner adalah adanya timbunan lemak dalam pembuluh darah sehingga membuat aliran darah yang menuju ke jantung terhambat. Hal ini secara otomatis akan menghambat psokan darah ke jantung. Selain itu timbunan lemak dalam pembuluh arteri ini dapat memicu terbentuknya penggumpalan darah. Ini juga akan membuat aliran darah tersendat.

Anda sebaiknya mengetahui apa saja factor yang dapat membuat anda beresiko terkena penyakit jantung koroner. Berikut selengkapnya :

Perokok Berat

Perokok berat merupakan salah satu factor yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner. Dalam asap rokok terkandung banyak senyawa berbahaya, diantaranya karbon monoksida. Senyawa ini dapat memicu gumpalan darah yang akan membuat kerja jantung semakin berat. Selain itu kandungan nikotin juga dapat membut iritasi dinding arteri yang berakibat pada penyempitan pembuluh darah tersebut.

Kadar Kolesterol Yang Tinggi

Anda perlu waspada ketika kadar kolerserol dalam tubuh anda tinggi. Sebab ini adalah salah satu diantara beberapa factor pemicu serangan jantung koroner. Kolesterol dalam tubuh manusia terdiri dari LDL (Kolesterol jahat) dan HDL (Kolesterol baik). Sifat kolesterol jahat (LDL) dapat menggumpal dan mudah menempel dalam pembuluh darah. Plak ini akan menghambat laju aliran darah ke jantung. Sudah cek kolesterol anda ?

Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga merupakan salah satu penyebab jantung koroner. Jika tekanan darah  anda diatas 140/90 mmHg, maka tekanan darah anda tergolong tinggi. Tekanan darah yang tinggi akan membuat kerja jantung semakin berat.

Obesitas Atau Kelebihan Berat Badan

Segala sesuatu yang berlebihan memang dapat berdampak buruk. Seperti halnya berat bandan anda. Orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesiatas lebih rentan menderita tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, serta lebih beresiko mengidap penyakit diabetes. Itu sebabnya mengapa Obesitas dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

Diagnosa Penyakit Jantung Koroner

Dokter untuk pertama kalinya akan menanyakan gejala atau keluhan yang anda rasakan, bagaimana pola hidup keseharian anda, dan juga riwayat penyakit di dalam keluarga anda. Jika semua mengarah pada penyakit jantung maka dokter akan melanjutkan dengan pemeriksaan Elektrokardiogram (EKG).

Pemeriksaan EKG bertujuan untuk memeriksa aktifitas kelistrikan otot jantung. Akan tetapi EKG tidak cukup untuk dapat mendiagnosa secara langsung, selain EKG dokter biasanya melanjutkan pemeriksaan Enzim dalam darah. Ini dapat mengindikasikan adanya kerusakan yang terjadi pada otot jantung.

Pencegahan Jantung Koroner

Bagi anda yang belum terindikasi terkena gejala penyakit ini, hendaknya berusaha menghindari hal – hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit ini. Penyakit jantung koroner dapat dicegah dengan melakukan berbagai hal berikut ini.

Mengubah Pola Hidup Yang Tidak Sehat

Menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan keluarga anda dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit termasuk jantung koroner. Anda dapat memulai pola hidup sehat dengan merutinkan olah raga 2 hingga 3 jam tiap minggu. Selain itu menjaga pola makan, konsumsi buah dan sayur serta menghindari makanan yang bersantan.

Berhenti Merokok

Telah disebutkan bahwa seorang perokok memiliki faktro resiko yang lebih tinggi mengidap penyakit jantung koroner. Maka kita dapat mencegah penyakit ini tentu saja dengan menghilangkan kebiasaan merokok. Tidak hanya jantung koroner, rokok juga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti stroke dan kanker paru – paru.

Kontrol Kadar Kolesterol Rutin

Terkadang kita tidak pernah menghiraukan makanan yang kita makan sehari – hari. Padahal kita telah tahu bahwa salah satu penyebab penyakit jantung koroner adalah kolesterol tinggi. Tetapi kita sering acuh terhadap kesehatan kita sendiri. Oleh karena itu salah satu usaha pencegahan penyakit ini adalah dengan mengonterol kadar kolesterol dalam darah secara rutin.

Anda tidak perlu khawatir jika anda adalah orang yang sangat sibuk sehingga tidak punya banyak waktu untuk memeriksakan kolesterol anda ke rumah sakit. Sekarang ada alat cek darah portable yang dapat melakukan 3 jenis pemeriksaan sekaligus, kadar kolesterol, gula darah dan asam urat dengan praktis kapanpun dan di manapun. Kabar baiknya anda dapat mendapatkanya di di toko alat kesehatan dengan harga murah.

Menjaga Tekanan Darah

Anda dapat melakukan pencegahan terhadap penyakit jantung koroner dengan mengontrol dan menjaga agar tekanan darah anda tetap normal. Ada dapat melakukanya dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak garam, kafein dan berolah raga secara teratur.