Penyebab dan Gejala Penyakit Asma Beserta Pengobatanya

Gejala Penyakit Asma

Asma berasal dari bahasa Yunani ( ásthma ) bermakna “terengah” ini adalah sebuah peradangan kronis yang terjadi di dalam saluran pernapasan manusia. Lalu apa penyebab dan gejala penyakit asma yang dialami oleh penderita ? Silahkan simak selengkapnya di artikel ini.

Gejala Penyakit Asma

 

Sakit Asma

Penyakit asma adalah penyakit yang mengakibatkan gangguan pernapasan. Pada umumnya orang yang mengalami penyakit asma akan merasakan sesak napas, batuk dan nafas terasa pendek.

Sesak yang dialami, disebabkan karena adanya penyempitan oleh peradangan (inflamasi) yang terjadi pada dinding saluran pernapasan (bronchiale). Memang gejala penyakit asma mempunyai karakteristik yang dapat kita kenali.

Penyebab Penyakit Asma

Kebanyakan orang tidak mengetahui apa penyebab penyakit asma. Tidak semua sesak napas yang dialami seseorang mengarah pada penyakit yang satu ini. Berikut beberapa penyebab penyakit asma yang sering terjadi.

  • Polusi udara (asap, debu dan zat- zat kimia)
  • Suhu udara sekitar (dingin)
  • Stress atau tekanan jiwa
  • Kelelahan beraktifitas

Pada dasarnya penyebab penyakit asma belum dapat diketahui secara pasti. Sampai saat ini masih dilakukan penelitian terkait penyebab pasti yang menyebabkan penyakit ini terjadi.

Gejala Penyakit Asma

Penyakit asma biasanya memberikan gejala klinis atau ciri khusus yang bisa kita jadikan acuan untuk penanganan secara dini. Berikut beberapa gejala penyakit asma yang biasanya dirasakan.

  • Pernapasan berbunyi atau sering disebut dengan istilah bengek terutama pada saat mengeluarkan napas
  • Batuk berkepanjangan terutama dimalam hari dan saat suhu dingin
  • Batuk biasanya disertai dengan sesak napas karena adanya penyempitan saluran pernapasan

Namun perlu diketahui bahwa gejala penyakit asma diatas tidak sama untuk masing – masing penderita. Bisa jadi sesak napas yang dialami, bukan disebabkan dari penyakit ini.

Penyakit Asma Pada Anak

Disebagian besar kasus penyakit asma banyak terjadi pada anak – anak. Pada kondisi normal gejala penyakit asma akan hilang ketika anak beranjak dewasa.

Pada umumnya penyakit asma pada anak terjadi karena beberapa faktor seperti misalnya lahir prematur, lahir dengan berat dibawah normal dan tinggal di lingkungan yang terpapar polusi udara yang berat.

Gejala yang timbul tidak begitu berbeda dari kebanyakan. Namun penangananya harus lebih intensif. Anak mempunyai kemampuan yang berbeda dalam menanggapi sesuatu yang terjadi pada dirinya.

Rasa cemas yang berlebihan dapat memperburuk situasinya. Pleh karena itu penyakit asma pada anak hendaknya segera ditindak lanjuti dengan membawa dan berkonsultasi ke dokter.

Apakah Penyakit Asma Menular

Mungkin anda akan bertanya Penyakit Asma Menular Atau Tidak ? Sayang sekali kebanyakan orang salah dalam menanggapinya. Penyakit asma bukanlah penyakit menular, mengapa demikian.

Penyakit asma yang telah kita jelaskan diatas disebabkan karena penderita tidak tahan dengan kondisi seperti polusi udara atau kondisi cuaca yang dingin.

Ini berarti faktor yang menyebabkan penykait asma adalah dari kondisi fisik penderita yang kemungkinan berasal dari alergi dan keturunan. Bukan adanya infeksi bakteri atau virus yang dapat menular ke indifidu yang lain.

Cara Mengatasi Penyakit Asma

Anda telah mengetahui secara singkat tentang penyakit asma. Lalu bagaimana cara mengatasi penyakit asma apabila kebetulan anda atau keluarga anda mempunyai penyakit ini.

Ada beberapa cara yang sebaiknya kita lakukan untuk mengatasi penyakit ini mulai dari pencegahan, pertolongan pertama dan pengobatan.

Mencegah Penyakit Asma

“Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati” Anda pasti telah mengenal ungkapan tersebut. Salah satu bentuk cara mengatasi penyakit asma adalah dengan cara mencegah penyakit tersebut.

Anda dapat mencegah penyakit ini dengan cara menghindari faktor – faktor yang dapat memicu serangan penyakit ini. Anda juga dapat mencegahnya dengan memperkuat daya tahan tubuh dengan asupan makanan yang bergizi dan vitamin bila perlu.

Pengobatan Penyakit Asma

Apakah penyakit asma dapat diobati ? atau hanya dapat meringankan gejalanya penyakit asma saja ? Sementara ini, obat yang diberikan kepada penderita asma berfungsi untuk mengurangi gejala sesak napas. Obat ini bekerja dengan cara melebarkan saluran pernapasan sehingga sesak napas dapat dikurangi.

Pengobatan Penyakit Asma Dengan Alat Bantu Pernapasan

Gejala penyakit asma dapat juga diatasi dengan menggunakan alat bantu pernapasan. Alat ini sebenarnya hanya digunakan untuk pemberian obat saja. Berikut beberapa contoh alat bantu pernapasan yang dapat digunakan untuk meringankan penderita asma.

Inhaler – Adalah sebuah alat semprot yang berisi obat. Disemprotkan melalui mulut ketika mengalami serangan sesak napas. Alat ini biasanya digunakan oleh anak – anak.

Nebulizer – Alat ini berfungsi sama dengan Inhaler. Alat ini berfungsi lebih kompleks yaitu mengubah obat cair menjadi aerosol yang langsung dapat diserap menuju ke paru – paru sehingga lebih cepat.